Selamat Datang...

Berbagi, Manfaat .....

Selasa, 28 Februari 2012

CINTA PRODUK INDONESIA

Artikel ini bermula dari tugas yang saya berikan kepada siswa kelas VI di sekolah tempat saya mengajar. Saya ingin siswa menanmkan konsep “MENCINTAIPRODUK-PRODUK INDONESIA”, sebagai salah satu sikap nasionalisme...
Berikut ini saya posting-beberapa merek produk dalam negeri yang di kira produk luar negeri, hal ini membuktikan bahwa produk kita nggak kalah saing.


    Iklan Maspion terkenal dengan ungkapan “cintai produk-produk Indonesia”. Maspion memang perusahaan lokal yang terkenal dengan produk alat-alat elektronik seperti setrika, blender, kipas angin sampai AC. Perusahaan yang berpusat di Surabaya ini memulai bisnisnya dari tahun 1960-an.
    Ini lagi, merek Polytron juga merek alat-alat elektronik, seperti TV, Radia Tape, Kulkas dll. Merek ini juga merek produk Indonesia yang sejak tahun 1970-an sudah membuat televisi dengan kualitas yang tidak kalah sama luar negeri. Perusahaan ini punya pabrik di Kudus dan Semarang Jawa Tengah. 
      Beralih dari produk elektronik ke sepeda dengan merek Polygon yang satu ini, pabrik speda yang berlokasi di sidoarjo Jawa Timur ini memproduksi sepeda mulai dari sepeda gunung, sepeda mini, sepeda BMX, sampai sepeda lipat. Soal kualitas tidak diragukan lagi.
           Saat ini laptop merk lokal telah berhasil menguasai 70 persen market atau pasar di Indonesia. Pernyataan ini disampaikan mantan Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) Suhanda Wijaya di Solo, Jawa Tengah. Di antaranya adalah Byon yang ikutan meramaikan pasar komputer notebook.
      Meskipun dari nama dan logo berbau amerika, tapi sebenarnya ini produk Indonesia, soal model dan kualitas selalu berdiri sejajar dengan  jeans  merek-merek lokal lainnya di mall manapun.


      Tomkins merupakan merek sepatu lokal Indonesia banget meski namanya terkesan bule. Mulai dari sepatu olahraga, sepatu bola, sampai sepatu futsal tersedia dalam merek ini

       Bodypack dan Eiger, kedua merek ini bernaung dalam satu induk perusahaan yang berpusat di Bandung. Kedua merek ini dikenal dengan produk tasnya. Bedanya Bodypack berfokus pada produk-produk tas laptop dan tas gadget, sedangkan Eiger sudah dikenal luas dikalangan penggiat alam bebas.

      Tahun 2005 outlet pertama J.CO donuts & coffee dibuka di supermall Karawaci. Perusahaan ini didirikan dan dimiliki oleh Johny Andrean Group. Sejak itu J.CO terus mengembangkan sayap di berbagai mall di Indonesia. J.CO bahkan ada di Malaisya, Singapura dan Cina. 
      Donat yang paling disukai adalah 'Al Capone'. donat ini sangat halus dengan toping coklat putih asli Belgia.


      Meski namanya Amerika banget California Fried Chicken. Namun restoran cepat saji ini adalah perusahaan lokal. CFC pertama didirikan oleh Pioneerdo Gourment Internasional Tbk, 13 Desember 1983.

           Hoka Hoka Bento merupakan restoran yang menyajikan makanan Jepang. Restoran pertama berlokasi di Kebun Kacang, Jakarta. Walaupun kelihatan seperti produk luar negeri, tapi ternyata Hoka Hoka Bento produk lokal yang tidak kalah dengan makanan Jepang yang Asli.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar