Selamat Datang...

Berbagi, Manfaat .....

Sabtu, 16 Maret 2013

Kabupaten dan Kota Kalimantan Selatan

  • Kota Banjarmasin: Ibu Kota Kalimantan Selatan, yang bermotto "Kayuh Baimbai" merupakan salah satu kota besar di Indonesia meski luasnya tak terlalu besar. Kota ini dijuluki sebagai kota seribu sungai. Di kota ini terdapat beberapa lokasi wisata sejarah seperti makam pangeran Suriansyah, makam pahlawan nasional Pangeran Antasari, Museum Wasaka (Waja sampai kaputing).Di Banjarmasin dan Banjarbaru terdapat PTN satu-satunya di Kalimantan Selatan yaitu Universitas Lambung Mangkurat

     
  •  Kota Banjarbaru: Ibu kota administrasi, dengan motto "Gawi Sabarataan". Lapangan Murjani adalah salah satu daya tarik anak muda di sekitar kota Banjarbaru sebagai tempat nongkrong. Kota Banjarbaru adalah kota 4 (empat) dimensi, yakni pusat Pemerintahan, Pendidikan, Industri dan Permukiman.
  • Kab. Banjar: Kabupaten ini dengan ibu kota Martapura bersemboyan "Barakat" yang berarti Berkah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah yang sangat luas dengan 19 wilayah kecamatan. terdapat Riam Kiwa yang menjadi sumber PLTA di Kalimantan Selatan. Jajanan Khas Martapura (Kab.Banjar) yang dapat dijumpai di jalan-jalan protokol adalah kelelopon.
  •  Kab. Barito Kuala : Barito Kuala atau sering dipanggil BATOLA ini memiliki motto "Selidah" dan beribu kota di Marabahan. Jembatan Barito adalah jembatan penghubung dua provinsi yaitu KAL-SEL dan KAL-TENG ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.
  • Kab. Tanah Laut: Pelaihari adalah Ibu kotanya. dengan motto "Tuntung Pandang"memiliki garis pantai yang panjang yang dijadikan tempat wisata alam, diantaranya adalah pantai Batakan, Swarangan, Takisung, Tabanio. Kab. TALA memiliki potensi yang besar sebagai sumber pendapatan asli daerah, seperti hutan beserta isinya, laut dan kekayaan alam di dalamnya dan barang-barang tambang dan galian yang tersimpan di dalam tanah serta kesuburan tanahnya.
  • Kab. Tanah Bumbu: Ibu Kotanya Batulicin, dengan motto "Bersujud". Adapun yang menjadi sentra kegiatan usaha dan ekonomi adalah Simpang Empat. Di wilayah Tanah Bumbu terdapat puluhan pelabuhan khusus untuk keperluan pengapalan batubara, bijih besi dan sawit.
  • Kab. Kotabaru: Ibu kotanya adalah Kotabaru. "Se-ijaan" yang berarti sekata adalah motto kabupaten ini. Kabupaten Kotabaru memiliki sekitar 90 pulau kecil, 31 di antaranya belum bernama. Kotabaru inilah yang menjadi latar lirik lagu "Paris Barantai".
  • Kab. Tapin: Ibu kota Rantau dengan motto " Berelok" yang berarti Negeri yang indah. Kabupaten ini banyak menyimpan tempat wisata alam dan sejarah diantaranya Goa Batu Hapu, Goa Baramban dan Peranginan Ratu, Makam datu Sanggul  datu Suban dll.
  • Kab. Hulu Sungai Selatan : beribu kota di Kandangan, dengan motto "Rakat Mufakat". Kabupaten ini dialiri oleh Sungai Amandit yang bermuara di ke sungai Nagara. Panganan yang terkenal dengan nama ibu kotanya adalah Katupat Kandangan yang berkuah santan kental dan rempah-rempah didampingi ikan gabus asap. sedangkan jajanan khasnya adalah dodol (red:dudul). Wisata alam dan sejarahnya tidak kalah dengan kulinernya seperti Loksado, air terjun Haratai, air panas Tanuhi, situs Amuk Hanatrukung dll.
  • Kab Hulu Sungai Tengah: Beribu kota di Barabai, memasang motto "Murakata" pada semboyannya yang merupakan singkatan dari kata, Mufakat, Rakat, Seiya-sekata. Makanan Khasnya adalah Apam Barabai dan Pakasam. Kurang lebih dengan Kabupaten HSS, HST juga kaya akan wisata alam dan sejarah diantaranya Pagat Batu Benawa, air panas Hantakan, makam keramat Wali Katum. 
  • Kab. Hulu Sungai Utara: Amuntai adalah ibu kotnya, Menurut sejarah lokal, daerah ini dikenal sebagai pusat kerajaan Negara Dipa yang terletak di Candi Agung yang merupakan perpindahan dari ibukota kerajaan sebelumnya yang terletak di hilir, yaitu di Candi Laras, (kabupaten Tapin) sehingga motto yang dipakai kabupaten ini adalah "Agung". 
  • Kab. Tabalong: Kabupaten yang bermotto "Saraba Kawa" beribu kota di Tanjung. Kabupaten ini merupakan kota kelahiran artis nasional yaitu Titiek Puspa. Objek Wisata Air Terjun Lano adalah objek wisata alam yang menarik.
  • Kab. Balangan:  Paringin adalah ibu kota Kabupaten Balangan mottonya adalah "Sanggam": yang merupakan singkatan dari Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat. Kabupaten ini memiliki potensi pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan pertambangan. Obyek wisata alam; Air Terjun Manyandar, Goa Berangin Gunung Belawan di kecamatan Halong, sedangkan obyek wisata sejarah adalah Benteng Tundakan di kecamatan Awayan, adalah tempat perjuangan Temenggung Jalil yang bergelar Adipati Anom Dinding Raja Temenggung Macan Negara. 


Thanks untuk Sumberku: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar