Selamat Datang...

Berbagi, Manfaat .....

Selasa, 26 Maret 2013

Seleksi Guru Berprestasi

Hari ini berkat Pengawas TK/SD di gugus saya mengajar dan juga Kepala sekolah, saya ikut serta dalam Seleksi Guru SD Berprestasi Tingkat Kecamatan. Dan kali ini saya ingin share pengalaman hari ini.
Awal ceritanya, setiap tahun sejak saya memegang kelas 6 di SDN Kelayan Timur 6 Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Pengawas TK/SD yang sudah terjalin hubungan profesional sejak beliau ditugaskan di gugus Kelayan Timur selalu menawarkan untuk ikut dalam pemilihan guru berprestasi, namun karena terhalang persyaratan adminstratif, seperti masa kerja dan profesionalisme (#red: sudah bersertifikasi) saya selalu menolak tawaran tersebut.
Tahun ini keikut-sertaan saya pun setengah matang, karena kesibukan bersama anak didikku di kelas VI yang siap-siap menghadapi UN dan US 2013, Persiapan Portofolio pun dikerjakan dalam sehari. (ini memang sesuai dengan karakterku yang hobby dengan deadline (#Red: garis mati).
Tiba hari seleksi secara tertulis, Pertanyaannya berkisar dalam bidang perundang-undangan yang berkaitan dengan Guru dan Pendidikan, Kerangka RPP, dan empat Kompetensi guru. Sesi kedua diujikan kemampuan IT. Yah, memang kurang memicu adrenalin, karena di sini hanya permintaan untuk menuliskan kerangka RPP dan nama atasan di lingkungan kerja pada program office word.
Kurang lebih 3-4 hari akan diumumkan ranking guru peserta seleksi, mudah-mudahan kegiatan pekan ini menjadi pengalaman untuk meningkatkan profesionalisme saya sebagai guru.

Catatan:

  • Arsipkan Semua : Sertifikat diklat, seminar, lokakarya, SK Pembagian tugas, SK Panitia, Surat Tugas, dan apa pun yang berkaitan dengan kerja pokok atau tambahan yang kamu emban selama menjadi guru. 
  •  Koleksi Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, dan Peraturan Menteri yang berhubungan dengan dunia pendidikan, setidaknya tahu Perundang-undangan tersebut membahas tentang apa! 
  •  Jika akhirnya kita memutuskan untuk ikut seleksi Prestasi, harus sedikit narsis, dan percaya diri tanpa berlebihan agar terlihat meyakinkan!

Semoga Bermanfaat!

2 komentar:

  1. selamat lah............. mudahan tingkat selanjutnya bisa dicapai...

    BalasHapus
  2. selamat,... mg sukses ke jenjang berikutnya,... SEDIKIT NARSIS? Wowwww,..

    BalasHapus