Selamat Datang...

Berbagi, Manfaat .....

Jumat, 05 April 2013

Memanfaatkan "Mailing Microsoft Word" Untuk Membuat SKHU

Bagi anda guru Kelas VI atau Kepala Sekolah atau Admin Sekolah yang diberi tugas membuat Surat Keterangan Hasil Ujian alias SKH, khususnya bagi yang muridnya buaaaanyak, memanfaatkan Mailings Microsoft Word adalah langkah paling tepat untuk menghemat waktu cukup siapkan 1 file Word dan 1 file (sheet) Exel...
Langkahnya sebagai berikut:
Pertama, Siapkan Format SKHU di word sesuai petunjuk dinas atau seperti yang satu ini

 Kedua, siapkan Identitas dan nilai siswa di program Exel sesuai dengan isian yang diperlukan dalam menulis SKHU seperti dibawah ini. Save dan ingat-ingat lokasi penyimpanan.

Langkah Ketiga, adalah memulai Mailing dengan memilih tab (Mailing),  (Start Mail Merge) dan memilih (Letters).











Keempat, Pilih (Select Recipients) dan klik (Use Exiting List..)
Akan keluar dialog box  seperti pada gambar di samping ini, pilih file exel yang kita buat di atas tadi.


Jika sudah dipilih maka akan muncul dialog tex seperti di bawah ini, pastikan bahwa cek les pada "first row of data contans column headers" tidak ada. Ini berarti mailing kita tidak di mulai dari kolom pertama yang kita buat di sheet Exel. Jangan lupa Klik OK!




Kelima, adalah memulai entri data dengan menempatkan korsuer di posisi nama terlebih dahulu kemudian klik (Insert Merge Field) dan klik (Nama) demikian tempatkan kembali korsuer di posisis Nomor peserta dan klik kembali (insert merge field) lalu klik (No Peserta) , demikian entri data ini berlanjut hingga selesai.



Keenam, dan finelly untuk melihat hasil yang anda lakukan silahkan klik (Perviwe Results) untuk mengakhiri pekerjaan ini klik (Finish & Merge) lalu (Edit Individual Documents) untuk mendapatkan file dengan jumlah SKHU sebanyak siswa anda.


  

Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar