Selamat Datang...

Berbagi, Manfaat .....

Minggu, 31 Agustus 2014

Perubahan Wujud Benda

Benda terdapat dalam 3 wujud yaitu: Padat, Cair dan Gas. Tiga wujud ini dapat berubah akibat dari pelepasan atau penambahan energi panas. 

Gambar di atas dapat dijelaskan sebagai beikut:

  • Membeku : Peristiwa Perubahan Wujud dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas (pendinginan)

Contoh : Air yang dimasukkan dalam Freezer akan menjadi es batu dan Lilin Cair yang didinginkan


  • Mencair : Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat memerlukan enegi panas (pemanasan).

Contoh : Es batu yang menjadi air dan Lilin dipanaskan

  • Menguap : Peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas (pemanasan).


Contoh : air yang direbus lama-kelamaan akan habis  dan Bensin yang dibiarkan pada tempat terbuka akan habis berubah jadi gas.

  • Mengembun : Peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi cairDalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas (pendinginan)
Contoh : Ketika kita menyimpan es batu dalam sebuah gelas maka bagian luar gelas akan basah dan rumput dilapangan pada pagi hari menjadi basah padahal tidak terjadi hujan.


  • Menyublim : Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gasDalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas (pemanasan)
Contoh : kapur barus atau kamper yang disimpan dalam lemari

  • Mengkristal/ Menghablur : Peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi padatDalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas (pendinginan)
Contoh : Berubahnya uap menjadi salju

Tidak ada komentar:

Posting Komentar